Aku dan Oakley


Ya, itulah dia “oakley”, menjadi salah satu bagian dari hidupku kurang lebih sejak tahun 2008 silam.

Oakley, salah satu dari brand premium terkenal di dunia. Sebuah perusahaan yang memproduksi bermacam-macam produk dari topi, jaket, tas, celana, kaos, kemeja, sendal, sepatu dan lain-lain. Tetapi satu image yang paling dikenal dari sebuah merek bernama “oakley” adalah sunglasses (kacamata matahari). Yup, siapa sih yang gak tau kacamata oakley? Dari kalangan artis selebritis, atlet sampai tukang ojek pun tahu kacamata merek oakley, bahkan seringkali ditemui tukang ojek pakai kacamata matahari merek oakley, hehehe, walaupun hampir bisa dipastikan kalau yang dipakainya itu hanyalah kacamata tiruan alias palsu.

Ya begitulah peredaran barang-barang tiruan/palsu/KW/counterfeits bermerek oakley di Indonesia ini memang sangat kencang dan merata sampai ke seluruh pelosok kampung-kampung di seluruh wilayah Indonesia ini, mengalahkan keberadaan produk original/aslinya. Dan hal ini terjadi bukan hanya dengan produk-produk bermerek oakley saja, tapi semua produk-produk terkenal dan ternama dan terfavorit dan terlaris pasti ada tiruannya dan karena faktor ke-eksklusifan dan mutu produk originalnya itulah yang membuat harganya pun cukup tinggi sepadan dengan apa yang ditawarkan dan apa yang akan kita dapatkan jika kita sanggup merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk memperolehnya.

Itulah sekilas informasi yang bisa kuberikan mengenai oakley. Dan awal perkenalanku dengan oakley (dalam hal ini yang kumaksudkan adalah produk oakley yang original) juga berawal dari sunglasses bermerek oakley. Bangga rasanya pertama kali bisa memiliki dan memakai kacamata oakley yang original, kalau orang biasa bilang itu ada rupa ada harga atau dengan kata lain untuk sesuatu yang berkualitas baik memang sudah sewajarnya kalau nilai harganya pun lebih tinggi.

Alasan untukku ingin memiliki kacamata oakley yang original antara lain karena aku ingin mendapatkan suatu benda yang memang aku suka, suatu benda yang memang berkualitas tinggi, suatu benda mahakarya yang tidak sembarang benda serupa bisa menyainginya dan terlebih karena fungsinya. Fungsi di sini yang kumaksud adalah fungsi proteksi dari sebuah kacamata matahari yang notabene kacamata untuk menangkal pengaruh buruk dari terpaan langsung sinar matahari dan untuk fungsi proteksi tersebut aku lebih mempercayakan kepada oakley karena memang slogan oakley sebagai the best lens on the earth bukanlah isapan jempol belaka tetapi karena memang seperti itulah adanya.

Berawal dari sebuah kacamata oakley, seiring waktu menjadi dua buah kacamata oakley…. lalu menjadi tiga buah kacamata oakley… sampai akhirnya. . . . eng ing eng…. lebih dari cukup untuk memenuhi wajah bila dikenakan semuanya sekaligus, hehehe.


(koleksiku per 2008)


(koleksiku per 2010)

Tak lama kemudian, karena salah satu hobiku adalah menjelajahi internet khususnya suatu forum yang terbesar di Indonesia, yaitu kaskus.us, dimana kaskus juga adalah salah satu bagian dari keseharianku sejak bertahun-tahun sebelumnya. Di kaskus inilah akhirnya aku menemukan suatu wadah bagi kaskuser (sebutan bagi orang yang gemar ngaskus) yang memiliki kesamaan minat terhadap brand oakley ini khususnya sunglassesnya.

Di trit oakley authentics inilah tepatnya komunitas kaskuser pecinta oakley berkumpul, suatu wadah tempat berbagi pengalaman, berbagi info pengetahuan mengenai produk-produk oakley yang original yang seabrek-abrek banyaknya dan yang seringkali kita tertipu oleh produk-produk tiruannya, selain itu bisa menambah banyak teman yang memiliki minat yang sama tentu adalah suatu hal yang menyenangkan.

Seiring berjalannya waktu, komunitas oakley authentics di kaskus pun semakin berkembang baik dari jumlah member, jaringannya serta kegiatan aktivitasnya. Tidak ingin komunitas oakley authentics di kaskus ini hanya sebagai ajang ngobrol dan sharing sesama anggota aktif saja, komunitas oakley authentics (selanjutnya kusebut OAC) pun lalu mengadakan patroli, sweeping dan razia lapak-lapak jualan produk-produk oakley tiruan/palsu di FJB kaskus, bukan atas dasar arogan OAC melakukan razia-razia tersebut tetapi lebih kepada bentuk kepedulian kami sebagai member OAC dan sebagai kaskuser untuk menindak lapak-lapak jualan produk-produk oakley tiruan/palsu “yang mengklaim dagangannya original”. Jadi hanya lapak-lapak jualan barang palsu yang diaku-aku oleh penjualnya adalah barang asli saja yang OAC razia, karena jelas-jelas itu adalah suatu tindak penipuan baik disengaja ataupun tidak. Razia tersebut dilakukan karena memang seringkali pembeli tidak mengetahui bagaimana sih produk oakley yang original itu, kebanyakan mereka yang berbelanja di fjb kaskus khususnya yang membeli produk oakley di lapak jualan yang mengatasnamakan oakley original padahal sebenarnya adalah palsu tidak tahu akan kenyataan tersebut. Syukur-syukur mereka membeli produk oakley tersebut dengan harga yang memang sepantasnya untuk produk tiruan, lah kalau mereka kebetulan membeli suatu produk oakley tiruan dengan harga yang seharusnya untuk produk oakley original karena mereka tidak tahu membedakan yang asli dan yang palsu dan karena mereka diyakinkan oleh penjualnya kalau produk yang mereka jual itu adalah asli/original, apa gak kasihan tuh orang? Yup, apa daya, sudah banyak kali terjadi hal-hal yang demikian, baik di FJB kaskus maupun di luar kaskus. Beruntunglah ada suatu komunitas kaskuser pecinta oakley yang menamakan dirinya OAC (Oakley Authentics Community) mempunyai inisiatif dan kemauan untuk mengadakan razia lapak oakley penipuan tersebut.

Hal lain dari OAC yang kubanggakan adalah sikap kepedulian para membernya terhadap keadaan sekitarnya (di ruang lingkup forum kaskus). Selain razia lapak-lapak yang berpotensi penipuan, OAC juga seringkali turut memberikan bantuan kepada rekan-rekan kaskuser yang malang nasibnya dan yang perlu bantuan. Tidak satu atau dua orang saja member OAC yang pernah memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, dan bukan hanya sekali atau dua kali saja bantuan itu mengucur dari pribadi member OAC atas nama OAC, dan bukan karena niatan untuk mencari muka ataupun karena kekayaannya member OAC memberikan bantuan tersebut karena seringkali bantuan tersebut diberikan secara rahasia/tertutup/anonim.

Selain ngobrol ataupun diskusi sesama pecinta oakley di trit OAC, para membernya pun seringkali bertemu muka atau kopi darat sesama member OAC untuk mereka-mereka yang berdekatan domisilinya dan tentunya untuk daerah-daerah dimana terdapat banyak member OAC-nya, tidak seperti aku di sini di Palangkaraya, seorang diri, huhuhu. Bahkan gathering OAC secara nasionalpun pernah diadakan di Ancol, Jakarta kalau tidak salah, yang pasti saat itu aku tidak bisa hadir karena terkendala jadwal dan jarak *__*


Seiring waktu, aku sekarang sudah tidak lagi aktif di OAC dikarenakan pekerjaanku sekarang *__*

tapi kalau ada waktu pasti kusempatkan untuk memonitor OAC di kaskus maupun di facebook, yah sekadar mengikuti pelan-pelan, dari kejauhan kegiatan OAC dengan banyak member barunya ^__^  maju dan teruslah berkembang OAC.

Grup Oakley Enthusiasts di FesBuk

Leave a comment

2 Comments

  1. Aloooo brooo… thanks buat testimoninya yah…

    Penulis adalah salah satu member senior OAC.
    Dan… yaa, banyak hal yang kita lalui bersama 2 tahun terakhir ini sekaligus juga sebagai bukti bahwa sebuah persaudaraan pun bisa kita jalin meski kita saling berjauhan🙂

    Melengkapi artikel bro Itoy diatas mungki para pembaca bisa mengetahui tentang OAC dan Oakley juga disini:
    http://rumahsanjiwani.wordpress.com/2010/06/12/oakley-authentics-community/

    OAC.0000

    Reply
    • sip.. mantabs pak ketua, hehe, lebih lengkap ilmunya yg di blognya pak ketua
      klo di sini cuman sekilas kisah hidup dan cinta saya ke oakley
      pak ketua pendiri OAC hadir jg dimari, dapat pertamax, wkwkwk
      btw, itu o-authentics.com nya masih redirect ke trit OAC part 1 loh bro, blom diupdate

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

KBS World TV

unpredictable, pokoknya serba mendadak aja

Soshified (소시파이드)

unpredictable, pokoknya serba mendadak aja

KoreanIndo

Korean Waves in Indonesia

Pikeyenny's Blog

All My Love For Ye Eun @ Wonder Girls