Rekap FR SMTown III INA


Berikut ini adalah copasan field report atau self experience dari beberapa orang (SONE) yang saya rasa bisa mewakili ratusan atau ribuan orang lainnya.

Yang pertama ini silahkan langsung ke TKP dengan mengklik tautan di bawah ini:

Field Report SMTownINA @Gelora Bung Karno 22 September 2012 oleh Pabo Sone (it’s written in English)

*************************************************************

Yang kedua ini ditulis dengan cukup panjang kali lebar oleh agan (sebutan akrab kaskuser pria) britis@kaskus, tulisannya terbagi dalam 3 post di thread SNSD@kaskus, jadi akan saya copas demikian adanya tanpa ada pengurangan ataupun penambahan apapun dalam tulisannya.

FR dari Sone Jogja Part 1 – Pahitnya Mengantri

Rombongan kita nyampe GBK sekitar jam 8.30 pagi, lansung kabur berangkat buat ngantri di depan gate. Dapet posisi lumayan pewe sih. Tapi namanya juga jakarta ye, udah tersohor panasnya di seluruh Indo. Tapi pas itu karena body masih fit banget sih oke2 aja. Problem dimulai saat gate-nya harus dibuka. Yang seharusnya buka jam 10, eh malah diundur lama banget. Untungnya rombongan ane dah nyiapin peralatan tempur buat berlindung dari panas. Cuma kasian ma cewek2 yg kepanasan karena ga bawa apa2. yang bikin sebel, eh tiba2 dibilangin kita ga boleh bawa makanan & minuman ke dalam. WTF, lha gimana dong yg dah pada bawa makanan buat bekal di makan sambil ngantri lagi di dalem? Akhirnya, banyaklah makanan & minuman yg berceceran di sepanjang antrian, dan keinjek2 ma antrian. Padahal banyak yg cari makan suseh2 dulu.
Dan setelah melewati gate, ndalilah, ternyata makanan & minuman kaga diperiksa, dan bisa lewat2 aja. Kita ga hoax, lha wong kita bisa lolosin banyak nasi kotakan plus berbotol2 minuman. Aduh pak, kalo memang bisa, ya jangan bilang ga bisa. Kan sayang tuh banyak banget yg buang2 makanan di luar.

Udah lewatin gate, perjuangan belum selesai. saatnya berlari ngambil antrian di depan pintu masuk GBK. Kebetulan anak2 kaskusone Jogja banyak yg nonton di tribun 2A. Dapet posisi depan, YES!!! Tapi, itulah saat penderitaan yg sesungguhnya dimulai.

Aduh gan, itu kita dijemur dari jam 12 sampe sore udah kayak ikan teri aja. Panesnya kaga tanggung2. Kita yg cowok2 aja udah mau semaput, apalagi yg cewek2 gitu. Kasian banget dah. Apalagi gara2 dibilangin ga boleh bawa makanan ke dalam, banyak yg ga makan sama sekali, dari pagi malah demi ngantri. Apalagi booth makanan juga entah ada dimana. Untung kita berhasil ngelolosin nasi kotakan kita. Tapi belum ada apa2nya gan. Pas ane mau keluar antrian bentar mau pipis, sekitar jam 2.30 gitu, entah gimana ceritanya, tiba2 yg ngantri di bagian Festival A+C teriak plus berdiri seakan2 gate dah dibuka. Alhasil antrian 2A juga ikut2 berdiri dan saling maju buat masuk. Ane lansung kabur masuk lagi ke antrian 2A, kepepet. Ternyata gate dah dibuka itu ga bener, karena dr awal2 dah diwanti2 kalo pintu dibuka jam 4 sore. Cuma, disinilah pahitnya ngantri terasa. Itu antrian jadi rapet banget, sampe ga bisa gerak sama sekali. Gara2 yg dibelakang maksa buat maju ke depan, dan ga mau mundur. Yang depan juga maksa mundur, jadi kita yg ditengah2 kejepit. Sampe teman ane yg ngantri di depan awalnya, tiba2 posisinya udah sama kayak ane. Nah, disini staff memang keliatan ga profesional. Mereka nyuruh antrian mundur supaya ga sesak2an, cuma yg disuruh mundur bagian depan2. Ya gimana mau mundur kalo yg belakang ga mau mundur. Seharusnya tuh staff ke belakang antrian, nyuruh yg dibelakang mnundur paling ga 2 langkah kek gitu, jadi biar ada jeda antar yg ngantri. Ini malah staff-nya males ato takut kena panas, takut jadi item, padahal muka juga dah gosong kok itu mas, malah cuma bilang mundur2 doang. Preet, di saat inilah ane sebel banget ma staff-nya tuh. Yang paling kasian tuh banyak banget cewek2 yg kejepit (walopun yg mulai goro2nya juga ane yakin yg cewek2) dan ngeluh kepanasan. Diantrian ane ada 1 yg pingsan. Deket ane ada jg yg dah ga kuat dan mau pingsan, yg untungnya bisa ane tolongin buat bertahan. Sayang aja, uda sejauh ini euy.

Cuma untungnya, panitia ga geblek2 banget. Kayaknya ngeliat antrian yg dah ga kekontrol, akhirnya gate dibuka lebih cepetan 30 menit dari rencana awal. Disini mulai lagi deh, makanan, minuman, kamera pro ga boleh bawa masuk. Akhirnya ane ngerelaian Chiki ma Aqua botol gede ane (promo dikit, sapa tahu dikontrak jadi bintang iklannya edisi ngantri konser) dibuang diluar. Karena ane dengernya kalo dah disitu, pemeriksaannya lebih ketat. Tapi ternyata, pemeriksaannya longgar juga!!! WTF!!! Tahu gitu, kamera pro temen ane bawa masuk aja. Yang lucunya, bawa makanan & minuman ga boleh, tapi setelah masuk, kalo mau keluar belanja2 boleh bawa aja masuk. Becoz, ternyata panitia jualan gan!!!!

Walopun tubuh ini udah mau semaput, akhirnya kita bisa masuk ke dalam dan dapet tempet yg pewe. Jadi kalo ngeliat lumayan jelaslah.
Moral of story, kalo ente punya duit, beli tiket kelas VIP ato Festival aja gan. VIP ga perlu ngantri masuk karena ada nomernya. Festival, walopun masuk belakangan, kalo power ente sekuat pendekar2 kayak di sinetron Indosiar, ente bisa sikut sana-sini buat maju ke depan. Kalopun ga kuat duit dan tetep mau ngantri, pastikan ente dah siap sedia. Makan sebelum ngantri harus. Siapin payung ma kipas juga biar ente ga kepanasan, dan handuk buat ngelap keringet. Bawa duit banyak2 buat beli minum & makan dalam antrian, karena yg keliling jual makanan & minuman pasti ada. Usahain ngantri ada temennya, jadi pas ente pergi bentar buat pipis misalnya, ada yg jagain antrian. Yang penting, siapin stamina gan. Ane semaput karena kurang tidur sebelumnya.

Yang + pas ngantri = GA ADA!!!!!! eh, kecuali bisa ngobrol2 ma sesama Sone yg juga ngantri.
Yang – pas ngantri = Pada ga tertib. Semua fanbase gitu. Terus soal sampah, ga salah sepenuhnya penonton, karena panitia ga nyediain tempat sampah. Sistem antrian juga ga jelas, dan panas!!!! Panitia juga kurang peka sama antrian, dan ga tegas.

FR dari Sone Jogja Part 2 – Ada 9 Bidadari di GBK… dan Kissing You Rock Version

Akhirnya setelah berhasil masuk di dalem, dan dapet tempat pewe, barengan ma rombongan, bisa juga kita ga kepanasan. Di dalem atmosfirnya dah heboh aja. Semuanya dah pada ga sabar pengen mulai. Credit harus diberikan kepada bagian tribun 3, baik yg A maupun yg B. Karena mereka yg bikin suasana semakin heboh. Yang lucu, pas ada iklan Pocari, yg bintangnya JKT48, dari yg awalnya pada boo, akhirnya pada sing a long karena ga ada kerjaan. Terus pada saat semuanya Fanchant bareng manggil artis SM Town, itu merinding deh gan (sadar ga sih Suju ga dipanggil sendiri?). Apalagi pas fanchat “IN-DO-NE-SIA!!!” sambil keprak-keprok, aduh, rasanya gimana gitu. Ini toh rasanya nonton konser K-Pop…

Semakin dekat waktu konser, yg dimulai semakin gelapnya panggung, semakin heboh crowd. Apalagi pas semua yg bawa Light stick, glow stick, light saber (disingkat LS aja semuanya) pada dinyalain, dan kebetulan konser dimulai pas gelap, ngeliat bangku penonton itu indah sekali. Biasanya ngeliat cahaya warna warni LS di laptop, pas liat sendiri lansung, berasa Amajing aja ngeliatnya. Apalagi warnanya ga cuma 1. walopun biru memang dominan sekali. Indahnya, tidak ternilai dengan kata2.

Dan akhirnya, konser dimulai!!!! Dan semua teriak!!!! F(x) tampil pertama, dan GBK bergetar!!!!
Asli, satu stadion pada ikutan nyanyi dan Fanchant, dan ga ada yg namanya duduk manis di tempat duduk, semuanya pada berdiri di atas kursi. Sumpeh, fanchant-nya gila amat!!!! Apalagi pas bagian “Hot, Hot, Hot Summer”, itu GBK kayak udah bergoyang aja saking kerasnya fanchant. Semua pada ngancungin LS, Dan itu dikuti teriakan membahana, pemandangan di bagian penonton jadi berasa gimana gitu. Aduh gan, kalo ga nonton lansung, pasti kaga ngerti gimana rasanya. Ane aja baru pertama kali itu ngerasaain feeling seajip itu.

SKIP bagian yg ga ada Soshi-nya I.

Yang pertama perform dari Soshi itu Jessica, duet bareng Krystal bawain California Girls. Aduh gan, itu orang apa boneka Barbie sih? Cantik banget. Senyumnya juga, semeriwing….. Cuma sayang Adek Jessica tercinta kayaknya kurang powerfull bawain lagunya, panas kali yak. Namanya juga Ice Princess nyasar ke Jakarta yg panas. Penonton pada ikutan sing a long terutama bagian reff. Kalo Krystal, ane liat dia lebih Cold daripada liat di laptop. Cuma kalo dari sononya, ya mau gimana lagi.

SKIP bagian yg ga ada Soshi-nya II.

Next, Taeng perform Devil’s Cry. Uh, mba Taeng ini cucok juga pake dandanan Rocker. Walopun lipsync, tapi teteplah perform-nya memukau. Apalagi lagu itu maen nada tinggi mulu, dan denger2 Taeng ga enak badan. Yo wis.
Tiba2, lampu padam, dan…
dan…
dan…
ADA 9 BIDADARI DI ATAS PANGGUNG!!!! Bukan, bukan bidadari palsu yg dari iklan Axe itu, tapi bidadari asli gan!!!! KOK BISA!!!???? Ya bisa, Soshi perform sodara2!!! Bawain Run Devil Run, 1 GBK lansung histeris!!! Akhirnya agan2 semua, penantian bertahun2 untuk ngeliat Soshi lansung di depan mata terwujud. Aduh, ga ada kata2 yg bisa melukiskan perasaan ribuan Sone yg bisa melihat wujud lansung member Soshi (kecuali yg dah pernah liat mungkin ga histeris2 amat). Kalo banyak yg bilang member Soshi itu cantik2, ato liat di PC udah cakep banget, ngeliat lansung, cantiknya jadi 1000 kali lebih cantik!!!! Ane ga bohong gan, sumpah dah. Antis aja pasti lansung ketar-ketir kalo ngeliat lansung. Aduh, asli pisan, sampe sekarang masih kaga percaya deh gan. Jessica itu asli kayak barbie. Seo manis banget, dan keliatan banget kayak cewek2 rumahan gitu, muakanya ramah banget. Taeng mukanya kayak anak kecil, pure banget. Tiffany eye smile-nya lebih nampol gan, apalagi pas senyum, maknyuuussss. Sooyoung emang mukanya mirip2 orang indo, manis banget dah, dan keliatan kalo orangnya humoris. Sunny aslinya 1 juta kali lebih cute dan lebih lucu, gemesin dah. Hyoyeon, ane percaya dah sama yg pernah liat lansung pas konser sebelum2nya pas bilang aslinya cantik dan baik banget, dan memang bener gan, cantik banget dah. Ane berani bilang dia salah 1 member Soshi yg paling cantik kalo ngeliat lansung, dan aslinya memang gokil. Yuri agak2 jaim gitu, tapi dia manis dah. Kalo yoona, dari sononya emang udah bening, ngeliat lansung orang mikir nih orang apa berlian sih? Kaga salah deh jadi center mulu.

Run Devil Run dibawain dengan baik, dan daripada nge-fanchant, orang milih sing a long. Habis itu, tiap member memperkenalkan diri secara lansung. Fancam-nya cari sendiri deh, banyak kok. Yang paling ane inget, pas Sunny ber-aegyo ria, cute banget. Disini juga 1 GBK nyanyiin happy birthday buat Hyo. Awalnya gara2 Sooyoung ngeh ngeliat Sone di Fest A kayak ngebentangin banner, dan ngadain project. Good job-lah buat Sone2 yg disitu.

Habis perkenalan, mereka bawain Gebie. nah, disinilah penantian Indonesia terkabulakan agan2 semua. Pas Tiffany bilang, “Indonesia, Put It Back On!”, lansung dah gemuruh jamaah SM Town histeris. Dan kayak2 sebelumnya, karena memang yg dominan nonton bukan Sone, jadi daripada fanchant, penonton milih ikut2 nyanyiin nih lagu. Ngerti sih, karena kalo ga fans, mereka ga tahu cara nge-fanchant yg bener. Dari genie, Soshi ke belakang panggung.

SKIP bagian yg ga ada Soshi-nya III.

TTS perform berikutnya. Nah, disini deh keliatan banget betapa powerful-nya vocal ketiga main vocal Soshi ini. Asli bet, keren banget dah. Mereka perform ga jauh beda dengan versi yg kita liat2 di acara lain. Cuma disini dancer-nya cowok. Nah, disini nih Tiffany ekspresif banget. Habis Twinkle, mereka duet bareng berondong EXO bawain lagu Usher – DJ Got Us Fallin In Love. Berhubung nih lagu walopun ngetop, tapi ga banyak yg inget liriknya gimana, jadi ga heboh2 banget dah. Cuma jadinya memang lebih fokus ngeliat member TTS-nya. Pada banyak yg boo waktu Tiffany duduk diatas dancer cowok, hehehe…

SKIP bagian yg ga ada Soshi-nya IV.

Pas lagi leha2 dikit karena Soshi ga perform, eh tiba2 aja intro Mr. Taxi berkumandang. Kaget aja karena ga nyangka lagu ini bakal dibawain. Lansung semangat dong. Yang paling heboh mah pas bagian “Mr Taxi Taxi Taxi” semua pada ikutan nge-fanchant. Mereka bawain pake kostum kambek yg di Mubank dulu, tapi ga pake topi. Habis itu, Soshi mundur lagi, dan ane ma temen2 yg lain, ngaso lagi.
Nah, yg ane sedikit lupa, entah setelah Mr Taxi ato sebelumnya, ada dance battle gitu. Jadi Soshi diwakili Hyo, Yoona ma Yuri. Keren dah. Cuma sayangnya bentar banget. Tapi disitu keliatan banget kalo ketiganya luwes banget nge-dance.

SKIP bagian yg ga ada Soshi-nya V.

Eh, tiba2 ada mobil kecil yg yg buat nganter artis ke panggung lewat, dan bawa member Soshi ke panggung di depan VIP. Pas liat kostumnya, tahu dah bakal bawaian Gee. Dan bener, mereka bawain Gee, dan tentu aja, karena ini salah satu lagu wajib pecinta K-Pop, 1 GBK ikut2an nyanyiin. Kayakanya ga ada deh yg ga tahu liriknya kayak gimana. Jadi sepanjang lagu, semua ikutan nyanyi. Habis itu, Kissing You dibawain. Nah, disinilah dimulai accident yg berkenaan dengan penonton kelas Festival dimulai, tapi diskip buat nanti aja. Member Soshi nyanyiin nih lagu sambil dibawa pake cart (bener ya istilahnya gitu?) sampe bagian samping panggung aja. Nah, disinilah kita yg di bagian tribun samping bisa ngeliat jelas member Soshi. Ane sempet heran, kok bisa juga penonton pada hapal nih lagu, padahal bukan Sone. Dan habis lagu selesai, saat Soshi dianter lagi pake mobil, member Soshi sempet nengok ke arah tribun. Lumayanlah spazzing dikit.

SKIP bagian yg ga ada Soshi-nya VI.

Lagu terkahir yg dibawain Soshi The Boys. Mereka keluar lewat pintu yg ada di tengah panggung. Cuma disini ane rasa perform-nya ga sesolid yg biasa ane liat. Mungkin karena kepanasan kali yak, dan tempo saat pergantian artis yg nyanyi terlalu cepat. Lha Soshi belum ready di panggung aja musik dah mulai. Dan terus terang, cuma di lagu ini sebagian member Soshi perform pake celana panjang. Yang lain bahkan ending, semua pada pake Hot Pants. Bahkan seinget ane, baru di Indo Soshi perform Gee pake Hot pants. Kayaknya karena dah diwanti2 Indo itu panas, kostumnya disesuaikan juga. Dan memang Jakarta lagi panas2nya pada saat itu.

SKIP bagian yg ga ada Soshi-nya VII.

Lagu terakhir yg dibawain sama semua artis SM Town itu Hope dari H.O.T. jadi semua member SM Family pada nyanyiin bareng. Dan disini keliatan dah koplaknya member Soshi, hehehe… Hyo yg asik2 aja gila2an di panggung. Terus Tiffany dengan cueknya pegangan tangan ma Yesung, yg bikin SOne dan Elf teriak “Lepasin!”. Terus terang ga nyangka ini lagu terakhir, karena waktu berjalan dengan cepat. Dan di ending lagu, karena tahu banyak Sone yg ngumpul di Fest A, beberapa member Soshi nyamperin kesitu. Ngiri dah buat yg disamperin. Dan akhirnya, kesembilan bidadari tersebut kembali ke belakang panggung. NOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO…………….

—-

Dan yg tersisa, CAPE! Tapi ada rasa plong di hati, karena akhirnya, setelah sekian lama menanti, akhirnya bisa ngeliat secara lansung kalo mereka itu ada. Kalo soal puas, belum. Karena Soshi cuma nyanyiin total 7 lagu, plus 3 lagu yg dibawain bareng ma yg lain, sama dance battle. Makanya nabung nih dari sekarang buat nonton GG Tour tahun depan.

Yang + pas nonton = Sebenernya sulit untuk dilukiskan dengan kata2 saat melihat Soshi secara lansung. Ane juga nonton RCTI yg nayangin SM Town, tapi feel-nya bener2 beda. Ga beda dengan ngeliat mereka di PC ato laptop. Tapi ngeliat lansung, aduh…. masih kaga percaya sampe sekarang. Worth it lah ngantri berjam2. Habis itu bisa handshake sama artis Sone Rojul. Sayang ga ketemu yg lain karena harus jagain antrian. Cuma sekilas ngeliat Admin SM_TOWN di tribun 3 ma om Alpho pas pulang.
Yang – nonton = Habis nonton suara ilang karena teriak2 terus. Dan nyampe Jogja, lansung tepar 2 hari. Ini aja baru mendingan, makanya baru bisa nulis FR sekarang.

FR dari Sone Jogja Part 3 – FAQ soal SM Town dari anak2 Kaskus (jawaban versi ane, jadi asli IMHO)

1. Promotornya kaga becus

Ane rasa, siapapun promotornya, pasti bakal susah buat ngurusin event ini. Karena, konser K-Pop dengan skala penonton sebanyak ini, baru pertama kali ini diadakan. Setahu ane, ini adalah konser pertama di Indo yg ngundang artis luar negeri, yg penontonnya mencapai puluhan ribu dalam satu venue sekaligus. Ga sama konser ini dengan konser Suju yg diadain di MEIS, sebab ini diadakan di GBK dengan artis yg tampil juga banyak. Dan ini pertama kalinya lagi artis luar negeri konser di GBK. Karena itu, walopun banyak kurang sana-sininya, tapi ane liat bagusnya juga banyak kok. Dari pengalaman pertama ini promotor bisa belajar kekurangannya apa aja. Jadi jangan lansung main kecam aja gan. Kritik boleh. Toh juga kita harus berterima kasih karena mereka berhasil membawa Soshi dateng kesini. Kalo ternyata pas pelaksanaan berikutnya masih kayak gini, nah baru toh bolek dicaci maki habis2an.

2. Soshi ga usah konser disini, promotor Indo kaga becus

Apapun alasannya, ga semua Sone itu bapaknya sekelas Bakrie. Bagi yg punya duit sih enak bisa nonton konser ke luar negeri. Lha kan ga semua bisa kayak gitu. Ini aja tiket SM Town 500 ribu paling murah masih banyak yg bilang kemahalan. Ane rasa setelah banyaknya konser K-Pop di Indo, maka promotor juga semakin ahli dalam mengurus tetek bengek konser. Apalagi konser Soshi ke Indo paling cepet tahun depan. Jadi mestinya promotor dah cukup belajar setahun ini buat ngurus konser. Jadi, percaya itu harus tetap ada.

3. Penonton Rusuh

Namanya juga Indo gan, siapa sih yg ga rusuh? Cuma lagi2 harus diingat, ini konser K-Pop pertama di Indo dengan skala sebesar ini. Dan juga, ane yakin banyak yg nonton kemarin, dalam hidupnya, baru pertama kali ini nonton konser yg berbayar, dan skalanya gede lagi (termasuk ane). Jadi kalo banyak yg keblinger, ane sih masih ngerti. Kalo udah keseringan nonton juga pasti adem2 aja. Kayak Sone yg dah pernah nonton Soshi sebelumnya, anteng2 aja mereka pas ngantri ma nonton. Ga seheboh yg pertama kali nonton. Dan ane sih ga suka ya kalo kita nuduh fanbase tetangga yg bikin onar. Karena, mentang2 cewek, jangan lansung main tuduh itu Sone. Karena banyak juga Sone yg cewek. Dan soal rusuh2an, ane rasa Sone juga ga kalah. Terutama yg di bagian Fest A, dibagian Soshi bawain lagu Gee ma Kissing You. Memang salahnya panitia karena ga menjaga bagian Festival dengan ketat, makanya banyak yg bisa lari2 ke luar pas Soshi perform. Sampe situ, it’s OK. Tapi jadi REALLY NOT OK saat member Soshi mau balik dari panggung ke backstage pake mobil banyak banget Sone yg rusuh ngambil foto pake menghalangi jalannya mobil. Sampe mobilnya harus muter dulu buat menghindari kerumunan, udah gitu masih juga dikejar. Ane ga nyebut siapa, intropeksi sendiri ajalah. Ane nonton barengan ma temen yg Cassie & Elf, saat mereka liat kejadian itu, dan komen kalo accident itu sangat memalukan bahkan untuk ukuran nge-fans sekalipun, ane ga bisa komen apa2 karena ane juga setuju. Jadi soal rusuh apa ga, kembali ke pribadi masing2 aja. Mereka bisa aja rusuh, tapi jangan sampe kita ikut2an rusuh juga.

4. Soshi perform-nya lempeng2 aja, ga kayak yg lain yg pake efek panggung canggih sana-sini

Well, awalnya ane juga heran sih, kok pas Soshi perform di semua konser SM Town kaga pake efek panggung apa2, sepi banget. Tapi setelah nonton lansung di GBK, akhirnya ane ngerti. Soshi itu Icon K-Pop. Lagu2 mereka tuh, bahkan yg minor sekalipun, yg ngaku fans K-Pop, semua pasti tahu. Makanya, cuma di bagian lagu Soshi, semua penonton bisa ikutan nyanyi bareng. Bahkan untuk lagu lama kayak Kissing You. Ane liat sendiri, cuma pas Soshi semua penonton 1 GBK ikutan nyanyi bareng, apapun fanbase-nya. Beda banget ma Suju perform misalnya. banyak yg milih istirahat, karena selain ga familier, juga Elf toh dah banyak jadi fanchant tetep keras. Makanya Soshi ga perlu perform pake atribut apa2, sebab dengan lagu aja mereka dah menguasai penonton, beda dengan yg lain yg perlu pake efek sana-sini untuk menarik perhatian penonton.

5. Project Sone Gagal

Well, sekali lagi, ini pertama kali Sone di Indo bikin project buat Soshi yg konser disini, dengan sistem konser yg agak2 chaos. Dan project-nya termasuk sukses lho, walopun itu juga dibantu Sooyoung yg ngeh. Dan ane liat, hampir ga ada project fanbase lain yg sukses juga. Venue memang menyulitkan buat menyukseskan project. Yang penting usahanya wajib dikasih jempol. Soal project juga pake unsur luck juga sih.

**********************************************************

Yang ketiga FR nya lebih ke dokumentasi, saya copas dari postingan agan decoonlineshop@kaskus dan sangudara@kaskus, anggap saja sebagai pelengkap FR di atas.

—-

siang gan, mau numpang share foto smtown kemaren yg masih bisa ane perjuangkan dari tribune 3A :’) walau sudah H+2 tapi menurut ane euforia konser kemaren ga akan hilang dalam beberapa hari ini, bahkan seumur hidup.. terlepas dari kekurangan panitia yang sangat ane sayangkan, tapi overall menakjubkan.. dan akhirnya ane bisa nulis VICTORY !! di samping dreamlist ane yg ke-40 buat bisa ngeliat soshi secara langsung (meski kecil)..

langsung aja gan foto2 dari ane..

tambahan dokumentasi dari fotografer profesional Matthew Niederhauser, saya copas dari http://www.newyorker.com

**************************************

Demikianlah copasan beberapa FR yang saya rasa bisa mewakili perasaan ratusan atau ribuan orang lainnya yang menyaksikan konser SMTown III di Jakarta 22 September 2012 lalu dan semoga bisa menambah kegalauan kita-kita yang belum nonton, paling tidak ada banyak poin penting yang bisa menjadi pembelajaran bagi kita nantinya bila ada kesempatan untuk menyaksikan konser k-pop lainnya.

***************************************

dan untuk melengkapi FR di atas, ada 1 tulisan menarik dari salah seorang US sone (MoonSoshi9@soshified), cerita pengalaman pribadinya mengenai bagaimana bisa dia menjadi seorang SONE, langsung aja ke TKP ^^

Becoming a SONE: My Ride on the Soshi Express

*******************************************

postingan kali ini puanjang sekali karena saya masih bingung bagaimana caranya bikin spoiler di wordpress ini khususnya untuk tema yang saya gunakan ini >,<

.

.

.

all credits goes to the original writer as mention above

annyeong^^

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Leave a comment

1 Comment

  1. Ada harapan besar kali ini bagi SONEs di Indonesia untuk bisa menyaksikan konser solo GG/SNSD tahun depan ^^
    simak wawancara berikut http://t.co/XilapvWq (saat SMTown III INA kemarin)
    SNSD sendiri mempunyai harapan untuk bisa melangsungkan konser tunggalnya di Indonesia karena melihat banyaknya sone di Indonesia, walaupun ini masih sebatas harapan tapi harapan itu sekarang menjadi sedikit lebih besar. Masuk atau tidaknya Indonesia ke dalam jadwal GG World Tour III mereka tahun depan itu tergantung pihak manajemen SME sendiri dan pihak promotor2 di Indonesia, jadi “MENABUNG” lah dari sekarang ^^

    liputan SMTown III INA @majalah gadis

    www.gadis.co.id

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

KBS World TV

unpredictable, pokoknya serba mendadak aja

Soshified (소시파이드)

unpredictable, pokoknya serba mendadak aja

KoreanIndo

Korean Waves in Indonesia

Pikeyenny's Blog

All My Love For Ye Eun @ Wonder Girls