Kdrama – Reply 1997 (응답하라 1997)


Judul : Reply 1997 / Answer to 1997 / Answer me 1997

Genre : Sitkom

Jumlah Episode : 16 (2 episode sekali tayang)

Jadwal Tayang :  24 Juli 2012 s/d 18 September 2012 di tvN (salah satu tv kabel di Korea)

Para Pemain :

Pemeran Utama:

Jung Eun Ji (anggota A Pink) sebagai Sung Si Won
Seo In Guk sebagai Yoon Yoon Je
Shin So Yool sebagai Mo Yoo Jeong
Hoya (anggota Infinite) sebagai Kang Joon Hee
Eun Ji Won sebagai Do Hak chan
Lee Shi Un sebagai Bang Sung Jae

Pemeran Pembantu:

Sung Dong Il sebagai Sung Dong Il (ayahnya Si Won)
– Kang Kyun Sung (강균성) sebagai young Dong Il (ayahnya Si Won waktu muda – epi 9)
Lee Il Hwa sebagai Lee Il Hwa (ibunya Si Won)
– Park Cho Rong sebagai young Il Hwa (ibunya Si Won waktu muda – epi 9)
Song Jong Ho sebagai Yoon Dae Woong (kakaknya Yoon Jae)
No Ji Yeon (노지연) sebagai Jang Dan Ji
Jung Kyung Mi (정경미) sebagai Kyung Mi / Eun Dok Ki
Kim Sun Ah (김선아) sebagai Sun Ah / Eun Gak Ha

Figuran:

Tony Ahn sebagai dirinya sendiri (epi 1, 3)
Kim Ye Won (김예원) (anggota Jewelry) sebagai Sung Song Joo (kakaknya Si Won – epi 4, 9)
Siwan (anggota ZE-A) sebagai siswa ROTC (epi 4)
Shin Bong Sun (신봉선) (komedian) sebagai presiden klub H.O.T. (epi 6)
Kim Tae Won (김태원) (rocker gaek) sebagai tamu karaoke (epi 8)
Jung Joo Ri (komedian) sebagai tamu karaoke (epi 8)
Park Ji Yoon sebagai kakak keenamnya Joon Hee (epi 8) / kakak ketujuh (epi 10)
Shin Dong Yup sebagai (dirinya sendiri) MC Golden Disk Awards 1998 (epi 10)
Lee Joo Yeon (anggota After School) sebagai Joo Yeon (Direktur Rumah Sakit) (epi 14)

===========================================================

Reply 1997 atau dikenal juga sebagai Answer me 1997 adalah salah satu Kdrama yang menurut saya MANTAP (DAEBAK), drama ini tayang di salah satu tv kabel di Korea dan baru saja tamat beberapa minggu yang lalu. Untuk rating sendiri seperti yang saya pernah katakan di resensi sebelumnya adalah bukan patokan mutlak bagus tidaknya suatu drama, karena pada dasarnya kembali ke selera masing-masing penontonnya, hanya saja sebagai tambahan informasi kalau rating untuk acara-acara yang tayang di tv kabel memang tidaklah setinggi rating acara-acara yang tayang di tv-tv nasional Korea. Beberapa perbedaan lain yang bisa saya tangkap antara drama-drama yang tayang di tv nasional dan tv kabel adalah keberadaan iklan, pada drama yang tayang di tv nasional tidak kita jumpai satupun iklan di sela-sela drama tersebut tapi akan kita jumpai untuk drama yang tayang di tv kabel, TAPI slot iklan mereka (tv kabel Korea) tidaklah seperti di Indonesia yang kalau diakumulasikan slot iklan seluruhnya pada saat penayangan acaranya jauh lebih lama iklannya daripada acaranya itu sendiri :gila:

Saya perhatikan slot iklan di tv kabel Korea pada saat penayangan dramanya itu tepat 60 detik atau 1 menit, tidak lebih. Dan dalam 1 episode drama tidak lebih dari 6 kali iklan-iklan tersebut muncul :D

Hal lainnya yang saya tangkap adalah sensor (mozaik/blur) pada hal-hal yang dianggap tidak pantas hanya terdapat pada tv nasional dan tidak terdapat di tv kabel. Sering kita jumpai adanya sensor-sensor yang dilakukan pada acara-acara yang tayang di tv nasional Korea seperti “rokok” ataupun merk-merk asing ataupun kata-kata dalam bahasa asing ataupun kata-kata yang tidak pantas dan lain sebagainya, sebenarnya kebijakan seperti ini patut ditiru untuk bisa diberlakukan di Indonesia tapi tidak hanya pada tv nasional tapi juga tv swasta Indonesia.

Hal lainnya lagi yang sebenarnya saya belum yakin sekali adalah kualitas tampilannya (saya kurang mengerti apa istilahnya ini), dimana untuk drama di tv kabel kalau saya lihat videonya seperti sebuah film, beda dengan drama yang di tv nasional yang tampilannya ya memang seperti sinetron.

Okeh, cukup sekian intermezzonya, berhubung ini adalah resensi drama pertama yang tayangnya di tv kabel Korea walaupun sebenarnya ada banyak sekali drama-drama bagus lainnya yang tayang di tv kabel khususnya yang sudah saya tonton di tahun ini seperti Queen In Hyun’s Man dan 3rd Hospital yang mungkin akan saya tulis di blog ini lain kali.

………………………………..

Kembali ke topik, Reply 1997  adalah sebuah drama yang DAEBAK buat saya, drama ini terasa sangat realistis/nyata buat saya, mungkin karena drama ini mengisahkan tentang kehidupan remaja di era tahun 90’an dimana ini adalah zamannya “saya” juga :)

Ini bukan drama roman seperti kebanyakan drama-drama yang ada khususnya di Indonesia yang menceritakan tentang seseorang dari latar belakang kaya raya dengan sederet perusahaan dan sebagainya… dan sebagainya dimana hal-hal seperti itu terasa mustahil dan sangat jauh dari kenyataan bagi kebanyakan orang. Reply 1997 mengisahkan tentang kehidupan remaja-remaja (di Korea Selatan) pada era 90’an dimana pada saat itulah lahirnya boyband dan girldband di kancah hiburan Korea Selatan. Dikisahkan seorang remaja putri yang duduk di bangku SMA bernama Si Won (Jung Eun Ji/member A-Pink) yang sangat memuja grup boyband H.O.T. khususnya anggotanya yang bernama Tony Ahn (HOT adalah boyband pertama yang muncul di bawah naungan SM Entertainment pada tahun 1996). Si Won dikenal sebagai fan HOT terfanatik di Busan, kecintaannya terhadap HOT memberikan banyak warna dalam perjalanan hidup dan tumbuh kembangnya sebagai remaja, di antaranya adalah dia menjadi murid dengan peringkat paling bawah di kelasnya :nohope: tapi dia juga berhasil diterima di universitas karena kecintaannya terhadap grup H.O.T. :D

Si Won di satu sisi mempunyai karakter yang beringas (kuat secara fisik dan kuat makan, hehe), dewasa (pola pikirnya), gigih dan cerdas namun di sisi lain dia adalah seorang yang remaja yang sangat manja dan manis. Kemanjaannya semakin menjadi-jadi karena dia selalu dilindungi ibunya karena dia merupakan puteri satu-satunya setelah sang kakak meninggal dalam sebuah kecelakaan dan dia juga memiliki seorang teman pria yang sudah dikenalnya sejak mereka lahir. Adalah Yoon Jae (Seo In Guk) teman sedari kecil Si Won, mereka bertetangga dan karena ayah ibu mereka dulu saling bersahabat sewaktu mereka masih muda jadi hubungan kedua keluarga mereka sudah seperti sebuah keluarga besar, Yoon Jae adalah teman sekaligus korban penindasan sekaligus pembantu sekaligus pengawal bagi Si Won, Si Won seringkali memperlakukan Yoon Jae dengan seenak jidatnya dan hal inilah yang menjadi salah satu faktor kemanjaan Si Won. Namun, seiring waktu mereka berdua tumbuh dewasa dan wajar adanya jika seseorang sedang beranjak dewasa dia akan memiliki rasa ketertarikan terhadap lawan jenis, demikian juga dengan Yoon Jae, dia mulai memiliki ketertarikan akan lawan jenis itu…. terhadap Si Won, eeeehhh :eek:

Drama ini bergenre sitkom (situasi komedi), namun pengertian genre sitkom di Korea sepertinya berbeda dengan pengertian sitkom pada umumnya, khususnya di Indonesia. Dimana genre sitkom kalau di Indonesia dan secara umum adalah suatu drama sederhana (dengan seting tkp yang sangat sederhana) dan memiliki ruang lingkup yang sangat terbatas serta memiliki tema yang berbeda-beda di setiap episodenya dan antara satu episode dengan episode lainnya dengan tema yang berbeda tersebut tidak memiliki benang merah atau kontinuitas secara langsung. Kalau saya perhatikan genre sitkom pada drama-drama Korea memang memiliki tema yang berbeda setiap episodenya akan tetapi hubungan antara episode sebelumnya dan episode berikutnya sangatlah erat, terdapat benang merah yang jelas dan memiliki kontinuitas secara langsung, kita tidak akan mengerti jalan cerita episode sekian dengan tema xx jika kita tidak menonton episode sebelumnya walaupun temanya sudah berbeda. Bagaimanapun ini hanyalah kesimpulan dari pengamatan saya terhadap beberapa drama Korea yang menyatakan dirinya bergenre sitkom :Peace:

Reply 1997 ini memiliki alur maju mundur yang sangat intens, jadi perlu diperhatikan keterangan tanggal di setiap scene, tidak membingungkan koq hanya saja kita memang perlu memperhatikan tanggal tersebut karena untuk scene di tahun yang berdekatan tentu tidaklah jauh berbeda, oleh karena itu menghindari kesalahpahaman kita perlu memperhatikan kapan scene tersebut terjadi. Pada drama ini alur maju mundurnya terutama adalah tahun 1996,97, 98, 99 dan tahun 2012, ada juga sedikit tahun 60’an.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya kalau drama ini tepat sekali dengan era saya. Karena saya juga pada tahun 1997 masih duduk di bangku SMA dan kemudian di tahun 1997 itu terjadi krisis moneter yang mengguncang perekonomian dunia, kemudian lulus SMA dan mulai kuliah di tahun 1999. Hanya saja pada drama ini tentunya memiliki sikon yang berbeda karena ini adalah kisah di Korea Selatan sana dan bukan di Indonesia :ngakaks

===========================================================

Mohon maklumnya kalau resensi kali ini kurang fokus karena saya terlalu terbawa kenangan ;)

Dilihat dari daftar para pemainnya, ada banyak sekali nama-nama beken di jagat hiburan Korea sana baik itu yang berperan sebagai pemeran utama, pemeran pembantu ataupun figuran. Karena drama ini memang mengangkat suatu kisah nyata mengenai awal mula perkembangan dunia musik di Korea jadi sudah barang tentu ada banyak tokoh yang memang sebenarnya tampil di drama ini. Selain artis/aktor/aktris senior tersebut beberapa di antaranya adalah artis/aktor/aktris junior juga seperti pemeran utama wanita Si Won yang diperankan oleh salah seorang anggota girlgroup A-Pink, Jung Eun Ji dan pemeran pria Kang Joon He yang diperankan oleh salah seorang anggota boyband Infinite, Hoya. Walaupun mereka tergolong baru di dunia akting namun JANGAN meremehkan akting mereka, karena mereka berakting dengan sangat baik :thumbup: khususnya untuk Jung Eun Ji yang dengan ini bisa dinobatkan sebagai artis Korea dengan spesialisasi logat Busan yang kental setelah sebelumnya kita tau ada Lizzy (member After School/Orange Caramel). Yewon (member Jewelry) yang berperan sebagai kakaknya Si Won juga sebenarnya orang Busan asli.

Untuk Seo In Guk (pemeran Yoon Jae), saya rasa kita sudah tidak asing lagi dengan wajah ini, ya, dia adalah pemeran Chang Mo dalam drama Love Rain, selain aktor dia adalah seorang artis penyanyi spesialis lagu ballads kalau saya boleh bilang dan seperti di drama Love Rain, di drama ini juga kita bisa menyaksikan Seo In Guk memamerkan sedikit kemampuannya sebagai penyanyi, begitu juga dengan Hoya, dia juga memamerkan sedikit kemampuannya ngedance, salah satu keahlian dance Hoya ini tentu “gerakan kalajengking”nya yang wow itu :)

Daya tarik lain pada drama ini adalah background musiknya yang muncul hampir di setiap adegannya, terdapat lebih dari 100 judul lagu untuk background musiknya yang kesemua lagu-lagu tersebut adalah lagu-lagu pilihan yang hit dari era 90’an sampai yang terkini, khususnya lagu-lagu mereka yang erat kaitannya dengan drama ini seperti HOT, Sechs Kies, Jo Sung Mo, A Pink, Infinite, dan lagu-lagu lama yang dinyanyikan kembali oleh In Guk dan Eun Ji. Dan lagu All For You nya Cool yang dinyanyikan kembali oleh Eun Ji dan In Guk menjadi lagu favorit saya :)

Dan seperti yang saya sebutkan kalau drama ini adalah kisah nyata tentang lahirnya boyband dan girlband Korea serta mengisahkan pula bagaimana fanatiknya para fans mereka, dan ini bukanlah isapan jempol belaka, memang begitu kenyataannya. Para fans suatu grup atau idol di Korea sana bisa menjadi teramat sangat protektif karena kecintaan mereka yang absolut dan buta kepada idolanya sampai-sampai ada sebagian dari mereka yang bahkan bersedia menukarkan nyawanya untuk itu dan hal-hal seperti ini sebenarnya menjadi pedang bermata dua bagi artisnya itu sendiri karena di satu sisi mereka memiliki fans yang super loyal terhadap mereka tapi di sisi lain mereka juga seperti dihantui oleh psikopat dengan beragam aksi yang ditimbulkan karena cinta buta para fans fanatiknya itu, contoh kecilnya adalah para fans fanatik yang sampai nekat menyusup ke dalam rumah bahkan kamar para artisnya dan para fans yang berbuat anarkis kepada teman lawan jenis artisnya akibat rasa cemburu yang luar biasa dan hal-hal seperti ini cukup sering terjadi di Korea sana sampai saat ini.

Jadi ada banyak pembelajaran yang bisa diambil dari drama ini. Salah satu scene yang membuat saya mendeskripsikan Si Won cukup dewasa dalam pola pikirnya adalah saat dimana dia menuliskan surat dengan darahnya kepada Tony Ahn sang idola, memang pada saat dia melakukan itu dia belum terpikir kalau hal tersebut malah justru akan membuat sang idola ketakutan tapi setelah dia tahu kalau sang idola ketakutan akibat ulahnya tersebut dia merasa sangat malu dan menyesal, dia sadar kalau seharusnya dia tidak melakukan hal seperti itu. Hal demikian saya rasa cukup dewasa karena bisa segera menyadari dan menyesali perbuatannya yang salah karena kebanyakan orang tidak memiliki ini, kebanyakan orang tidak mau peduli terhadap apa yang orang lain rasakan akibat perbuatan mereka. Scene lain yang menunjukkan kedewasaan Si Won adalah saat dimana sahabatnya Yoo Jeong tengah gundah apakah dia harus menerima jika diajak bercinta oleh pacarnya Hak Chan sedang saat itu mereka masih pelajar SMA, dan Si Won menasehati Yoo Jeong agar tidak melakukannya karena mereka masih kecil.

Sebagai tambahan informasi, masih menurut sepengetahuan saya. Mengenai “Busan”, apa itu Busan? kenapa di drama ini seolah-olah logat Busan menjadi sesuatu yang istimewa?

Busan, kalau istilahnya untuk kita di Indonesia adalah sebuah “kampung”, kampung nelayan tepatnya. Dan secara umum “orang kampung” dikenal sebagai orang-orang yang kasar, kebanyakan mereka tidak memiliki latar pendidikan yang cukup, karena hal inilah yang membuat mereka cenderung “kasar” baik dalam perkataan maupun perbuatan serta tidak memiliki sopan santun dalam berbicara seperti bicara dengan sangat keras dan dengan kata-kata yang kurang pantas. Selain itu tentu setiap daerah memiliki “logat atau dialek atau tata bahasa” yang berbeda dan khusus untuk Busan logat dan tata bahasa mereka sangatlah unik. Dan Seoul itu kalau di Indonesia adalah Jakarta, kota besar sekaligus ibukota negara tentu tidak lagi memiliki ciri khasnya karena sudah tercampur baur berbagai macam orang dari suku bangsa dan bahasa berbeda yang akhirnya mengambil jalan tengah dengan memakai bahasa Indonesia yang umum ataupun bahasa prokem (bahasa gaul) serta tanpa ada logat-logat khusus kedaerahan. Karena itu dulu orang-orang Busan yang datang ke Seoul biasanya berusaha menghilangkan logat dan tata bahasa mereka karena mereka akan dicap sebagai “orang kampung” dan akhirnya kurang diterima di masyarakat kota.

Tapi jangan salah menilai Busan, Busan sebagai sebuah kampung nelayan itu dulu sekali, kalau sekarang Busan terkenal sebagai Kota Pelabuhan dan Metropolitan salah satu dari 3 yang terbesar dan tersibuk di dunia. Kalau Jakarta mau dibandingkan dengan Busan sih gak ada apa-apanya  :ngakaks

===========================================================

Drama ini bisa anda download di folder box nya Reply 1997@kpopella (tersedia dalam filefactory dan torrent) atau pada sumber2 lainnya.

Untuk subtitle/teks Indonesia milik saya yang notabene sudah saya sync sesuai file versi yang saya miliki bisa didownload sendiri di subscene.

===========================================================

Galeri Reply 1997

===========================================================

===========================================================

Leave a comment

12 Comments

  1. thanks ya review nya ^_^v

    Reply
  2. bunga

     /  25 November 2012

    mau nnya, nnton tvn reply 1997 pke tv kabel ap ?

    Reply
    • sampai saat ini tvN masih belum tersedia di pay tv manapun di Indonesia, kabarnya tvN bakal masuk grup pay tv OrangeTV tapi sepertinya masih belum terealisasi sampai sekarang, sementara cuma tersedia di operator pay tv Singapore, Thailand, Taiwan, Malaysia dan HongKong. Di Indonesia yang ada SBS, KBS, KBS World dan LBS kalau gak salah, lewat pay tv ataupun pakai parabola matrix dengan receiver full hd.

      http://www.tvnasia.tv/
      https://www.facebook.com/tvN.Asia tvN Asia berubah menjadi Channel M Asia https://www.facebook.com/Channel.M.Asia

      btw, maksud keterangan diputar di tv kabel di atas itu adalah tv kabel di Koreanya sana loh ya, bukan tv kabel di Indonesia dan drama reply 1997 ini kan sudah habis tayangnya di tvN jadi sudah gak diputar lagi, kalau mau nonton ya download aja dramanya atau beli dvd nya.
      untuk yang di seputaran Palangkaraya bisa mampir ke warnet PNM karena sudah nongkrong di folder Kdrama ^^

      Reply
  3. bunga

     /  25 November 2012

    ak udh kok nntn reply 1997 donlot sendiri. Asli ngakak nntn drama ini. cerita ringan tp mengibur. dan aku makin suka sm seo in guk oppa >.< hehehhe
    ak kan mau masang tv kabel, tp mau yg bnyk channel korea ny. bingung pke ap -_- kirain tvn ad tv kabel d indo

    Reply
    • tapi kan gak semua channel korea ada subtitle inggris/indonesianya
      kecuali untuk acara musik yang masih bisa dinikmati tanpa subtitle karena memang benar musik adalah bahasa universal ^^
      tapi kalau mau nonton kdrama jelas harus cari channel yang ada menyediakan subtitle seperti kbs world
      kalau fasih berbahasa korea dan bisa baca hangul sih mungkin no problem, hehe
      channel ONE itu sepertinya spesialis kdrama loh, di telkom vision, indovision dan astro ada
      kalau kbs world di telkom vision harus pakai receiver yang HD karena basisnya mpeg4, jadi kalau paketan standar dari telkom vision itu gak ada kbs kecuali receivernya diupgrade ke yg support mpeg4. sekian informasi yang saya tahu karena di kantor juga pakai telkom vision tp receiver paketan standar jadi gak ada kbs *__*

      Reply
  4. Tempat download drama ini dimana ya? sma sub indonya jga.

    Reply
  5. ifa

     /  24 September 2013

    Keren abizz bahasannya..
    Gaya bahasanya simple n komunikatif. Saya suka.
    Keep writing min🙂

    Reply
    • terima kasih atas feedback dan supportnya top

      saya usahakan untuk tetap bisa terus menambah konten di masa mendatang.

      Reply
  6. Ada drama baru lagi yang ingin mencoba mengulang suksesnya drama Reply 1997 ini, yaitu Reply 1994 yang akan tayang mulai tanggal 18 Oktober 2013 nanti.

    r1994

    Melihat judulnya Reply 1994 kita bisa tahu bahwa drama ini nantinya akan mengisahkan masa tahun 1994 dan karena itu tidak tepat kalau drama ini disebut kelanjutan dari drama Reply 1997 ini karena timeline-nya justru mundur tapi ini baru sebatas opini saya sendiri, kita lihat nanti benang merah drama Reply 1997 dengan Reply 1994 ini ada dimana mengingat ada kehadiran para tokoh drama 1997 seperti Seo In Guk, Jung Eun Ji dan lain-lain di Reply 1994 ini nanti walaupun hanya sekadar kameo yang artinya itu mengindikasikan adanya benang merah antara kedua drama ini.
    Reply 1994 akan mengetengahkan kisah salah satu grup band legendaris Korea Selatan pada masa itu yaitu Seo Taiji and Boys, dimana grup ini terdiri dari 3 orang atau bisa disebut Trio Seo Taiji yaitu Seo Taiji sendiri, lalu ada Yang Hyun suk, kalau ada yang tidak nama ini pasti kenal dengan salah satu raksasa dunia entertainment korea yaitu YG Entertainment? Ya, Yang Hyun suk inilah pendiri sekaligus big boss YG Entertainment tersebut. Kemudian ada Lee Juno. Trio Seo Taiji ini terbentuk sekitar tahun 1991 dan bubar di tahun 1996 yang kemudian di era 1997 dilanjutkan dengan boyband-boyband seperti pada drama Reply 1997.
    Bagaimana sepak terjang Reply 1994 ini nanti? Kita nantikan bersama, mengingat Reply 1997 meraih sukses luar biasa tentunya terdapat ekspektasi yang sangat tinggi terhadap Reply 1994. Apakah drama Reply 1994 ini nantinya dapat mengulang sukses itu ? ? ?

    Reply
  7. Ini drama yang paling berkesan buat saya. Love-linenya bener-bener ngena dan ntah kenapa drama tvn ini selalu deh ceritanya menarik beda sama drama di tv gratis korea, kalo menurut saya sih hehe. Chemistry nya bagus, Eunji ga keliatan kalo baru debut main drama pas waktu itu. Keliatan udah berpengalaman😀 maaf kasoih review juga heheh, salam kenal😀

    http://www.ladonaku.com

    Reply
  1. Kdrama – Reply 1994 (응답하라 1994) | serbamendadak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

KBS World TV

unpredictable, pokoknya serba mendadak aja

Soshified (소시파이드)

unpredictable, pokoknya serba mendadak aja

KoreanIndo

Korean Waves in Indonesia

Pikeyenny's Blog

All My Love For Ye Eun @ Wonder Girls